Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Bukit Mongkrang, Spot Hits Berfoto Ria Di Karanganyar



Karanganyar, Siberkil.com - Siapa yang tak kenal dengan Gunung Lawu, gunung satu ini memang sangat familiar bagi para penyuka kegiatan alam ataupun pendaki khususnya area Jawa. Selain sebagai tempat wisata penguji adrenalin lawu juga terkenal dengan mistisnya. Bagi yang ingin menikmati Lawu lebih dalam bisa mendaki Gunung Mongkrang atau Bukit Mongkrang yang ada di Tlogo Dringo, Gondosuli, Tawangmangu dengan ketinggian 2194 Mdpl. Lokasinya persisnya adalah sebelah selatan Gunung Lawu, bukit yang terlihat seperti bukit teletubies dari Cemoro Kandang

Bukit Mongkrang dapat didaki lewat jalur Tlogo Dringo lokasi dusun ini berada di bawah jalur pendakian Gunung Lawu Cemoro Kandang. Kamu jika tidak tahu bisa bertanya dengan warga setempat.


Bukit Mongkrang bisa kamu jadikan alternatif liburan kamu bagi pengemar wisata alam karena waktu trekking tidak begitu lama tidak kurang 1 jam kamu sudah sampai di puncak Bukit Mongkrang. Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp. 5.000,- /orang kamu sudah bisa menikmati keindahan Bukit Mongkrang. Sebelum di pos tiket masuk, sepanjang jalan dari tempat parkir kendaraan akan disuguhi pemandangan persawahan sayur yang cukup indah. Hal yang menarik di Bukit Mongkrang adalah adanya padang ilalang yang cukup tinggi-tinggi menambah indahnya jalur mongkrang. Ketika musim hujan ilalang akan terlihat hijau bak wallpaper salah satu OS komputer yang terkenal, namun ketika musim kering pemandangan tak kalah bagus, ilalang akan mengeluarkan bunganya yang putih. tak hanya itu, di puncak Bukit Mongkrang kita bisa menatap gunung lawu dari dari sisi selatan dengan jelas.


Tips mendaki bukit mongkrang ala siberkil.com :
  • Karena bukit ini tidak terlalu tinggi cukup membawa daypack saja.
  • Jika berencana camping atau bermalam bisa bawa tenda dome dan persediaan air.
  • Waktu tracking 1 jam kurang lebih dengan medan tidak terlalu terjal namun akan berdebu ketika musim kemarau.
  • Bawa jaket yang hangat karena jika kabut turun akan terasa sangat dingin dan angin di puncak cukup kencang.
  • Kalo kesini lebih baik musim penghujan karena kita bisa memandang lawu yang mempesona dan ilalangnya masih tumbuh subur hijau.
  • Kalo kesini musim kemarau jangan coba untuk membuat api unggun, dilarang keras karena hampir 70% di dominasi padang savanna yang mengering dan kawasan hutan.

Kurang lebih tipsnya seperti itu dulu, jika kurang ditambahin sendiri ya. Tak bisa dipungkiri memang daerah tawangmangu menyimpan beragam keindahan alam yang mempesona selain bukit mongkrang masih banyak wisata alam yang ada di daerah ini. Tapi tidak akan kita bahas sekarang, akan kita bahas diartikel selanjutnya.

Post a Comment for "Bukit Mongkrang, Spot Hits Berfoto Ria Di Karanganyar"

Berlangganan via Email