Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Lebanon Berduka, Ledakan Dahsyat Hantam Beirut


Siberkil.com - Daftar trending teratas di media sosial Twitter mendadak diisi dengan tagar Pray for Lebanon dan Pray for Beirut. Ledakan dahsyat tengah terjadi di Kota Beirut, Lebanon pada Selasa malam (4/8). Ledakan itu dipicu oleh lokasinya yang berada di daerah pelabuhan Lebanon, di mana di sana terdapat sejumlah gudang-gudang yang berisi bahan peledak yang membuat ledakan menjadi besar.
Berdasarkan laporan dari Express, hal tersebut dibenarkan oleh dua saksi yang bekerja sebagai keamanan di wilayah sekitar mengatakan bahwa Pelabuhan Beirut memang menyimpan bahan kimia. Detik-detik ledakan terjadi pun sempat diabadikan dalam sebuah video yang telah menyebar luas.
Kini jumlah korban tewas dalam ledakan di Beirut bertambah dua kali lipat menjadi setidaknya 50 orang. Kantor berita AFP mengutip keterangan Menteri Kesehatan Hamad Hassan kepada wartawan, Selasa (4/8/2020) malam waktu setempat menyebut, jumlah korban tewas dikhawatirkan masih akan terus bertambah.
Hal itu mengingat proses evakuasi korban di lokasi masih terus dilakukan oleh petugas. Selain itu, setidaknya 2.750 orang terluka dalam ledakan besar yang mengguncang ibu kota, kata Hassan. Banyaknya korban masih terlihat dari banyaknya ambulan yang berlalu lalang dan orang-orang yang panik mencari perlindungan, karena takut adanya ledakan susulan.
Dikutip dari CNN, ledakan yang mengguncang Beirut pada hari Selasa petang menimbulkan kerusakan besar pada Istana Baabda. Kediaman resmi presiden Lebanon itu menurut media pemerintah Libanon turut terdampak besarnya ledakan.
Ledakan itu menghancurkan jendela lorong, pintu masuk dan salon, kantor berita Libanon melaporkan, Selasa. ”Pintu dan jendela di beberapa sayap istana terlepas. Tidak ada yang terluka," NNA juga melaporkan.
Selain itu, ledakan yang mengguncang Beirut pada Selasa sore terasa di pulau tetangga Siprus, sekitar 240 kilometer jauhnya dari Lebanon, menurut European-Mediterranean Seismological Center (EMSC). "Kami menerima sejumlah laporan dari Siprus yang tampaknya terkait dengan ledakan ini, melaporkan kebisingan dan jendela berderak," tulis EMSC melalui Twitter.



Post a Comment for "Lebanon Berduka, Ledakan Dahsyat Hantam Beirut"