Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

8 Makanan Super Pembentuk Otot



Siberkil.com, Kesehatan - Latihan beban selalu menjadi pilihan utama bagi banyak orang untuk meningkatkan massa otot. Latihan beban berguna untuk memberikan stimulasi lebih ke serabut otot yang pada akhirnya dapat merangsang pertumbuhan massa otot. Namun, tidak sedikit pula orang yang sudah berlatih beban dan tidak mendapatkan massa otot yang diinginkan. Hal ini disebabkan karena kurangnya asupan gizi dalam tubuh yang menunjang perkembangan massa otot.

Perlu Anda ketahui, bahwa otot juga memerlukan makanan dan sumber nutrisi yang baik untuk dapat tumbuh dan berkembang seperti halnya bagian tubuh yang lain. Nah, jika Anda ingin mengetahui makanan apa saja yang baik untuk meningkatkan massa otot Anda, berikut informasinya untuk Anda:

1.    Telur : Protein Superior
Telur mengandung protein yang kaya sehingga efektif untuk membangun otot. Dalam sebutir telur terdapat sekitar 6 gram protein. Telur kaya akan asam amino, riboflavin, folat, zat besi, fosfor, juga vitamin B6, D, dan E. Vitamin B12 di dalam telur juga diperlukan tubuh untuk menghancurkan lemak. Untuk mendapatkan protein terbaiknya, konsumsilah bagian putih telurnya. Karena Putih telur memilik BV (biological value) atau daya cerna yang sangat tinggi dalam tubuh sehingga tak heran jika telur dianggap sebagai sumber protein yang superior.


2.    Almond : Antioksidan Bagi Otot
Almond mengandung alfatokoferol, yaitu bentuk terbaik dari vitamin E yang cepat diserap oleh tubuh. Vitamin E merupakan antioksidan yang sanhgat efektif untuk mencegah radikal bebas setelah Anda berlatih, sehingga otot akan lebih cepat melakukan pemulihan dan pertumbuhan. Vitamin E yang terdapat pada almond juga dapat mencegah Anda dari penyakit kulit. Konsumsi satu hingga dua genggam almond setiap hari akan membantu Anda meningkatkan perkembangan otot lebih optimal.


3.    Salmon : Penekan Kerusakan Otot
Protein dan asam lemak Omega 3 sangat kaya dalam ikan Salmon. Dalam hal pertumbuhan otot protein yang terdapat pada salmon sangat berpengaruh baik. Sedangkan asam lemak Omega 3 memiliki peran tak kalah penting, yaitu mengurangi kerusakan otot setelah Anda berlatih. Selain itu, risiko penyakit jantung dan diabetes pun dapat dikurangi dengan konsumsi asam lemak Omega 3 yang terdapat pada Salmon.

4.    Yogurt : Kombinasi Tepat
Kombinasi protein dan karbohidrat yang terdapat dalam yogurt sangat baik untuk pemulihan dan pembentukan otot Anda. Tambahkan buah-buahan segar pada yogurt yang Anda konsumsi untuk mendapatkan tambahan vitamin dan mineral untuk membantu pembentukan otot Anda. Yogurt juga baik dikonsumsi bagi Anda yang memiliki masalah pencernaan karena manfaatnya yang besar bagi kesehatan pencernaan Anda.


5.    Daging : Sumber Mineral Dan Creatine
Selain kaya akan kandungan protein, daging sapi adalah salah satu sumber utama dari dua mineral penting bagi pertumbuhan otot yaitu zat besi dan seng. Kedua nutrisi ini memang tidak secara langsung dapat membentuk atau menumbuhkan otot, namun sangat diperlukan untuk membantu proses pertumbuhan dan perkembangan otot Anda. Zat besi diperlukan untuk membantu produksi sel darah merah dan transportasi oksigen ke semua sel dalam tubuh, termasuk sel otot, sedangkan seng dibutuhkan terutama dalam pembentukan hormon testosteron dalam tubuh, dimana hormon ini sangat berperan banyak bagi pertumbuhan massa otot. Selain mengandung zat besi dan seng, daging sapi juga mengandung creatine yang berfungsi meningkatkan pasokan energi saat Anda berlatih juga untuk meningkatkan ukuran sel otot Anda.


6.    Minyak Zaitun : Si Lemak Baik
Minyak Zaitun memiliki lemak tak jenuh tunggal yang tergolong sebagai lemak baik. Lemak ini berperan mencegah kerusakan otot dengan menurunkan kadar tumor necrosis factor-alpha atau TNF-a, yang berkontribusi dengan pembuangan otot dan kelelahan. Minyak zaitun dan lemak tak jenuh tunggal juga diyakini efektif untuk mengurangi risiko penyakit jantung, kanker usus besar, diabetes, dan osteoporosis.

7.    Air : Rehidrasi Otot
Otot Anda terdiri dari 80 persen air. Proses sintesis protein akan terjadi lebih optimal dalam sel otot yang terhidrasi dengan baik, dibandingkan dengan sel yang kekurangan cairan atau mengalami dehidrasi. Minum air sebanyak 8-9 gelas per hari dapat mengurangi risiko serangan jantung hingga 54%.


8.    Kopi : Pemacu Repetisi
Kopi mengandung kafein yang berguna untuk meningkatkan performa latihan. Sebuah penelitian menyatakan bahwa mengkonsumsi kopi sebelum latihan dapat meningkatkan kemampuan tubuh saat latihan sebanyak 9%.  Kandungan kafein dalam kopi juga bisa digunakan  untuk mencegah nyeri otot setelah latihan. Bahkan, peminum kopi dapat menurunkan risiko penyakit Parkinson sebesar 30% daripada yang tidak mengkonsumsi kopi.

Siberkil.com menilai nutrisi yang tepat sangat berperan penting dalam perkembangan otot Anda. Dengan melakukan latihan beban dan diimbangi dengan asupan gizi yang cukup, Anda akan dengan mudah mendapatkan massa otot impian Anda.

Post a Comment for "8 Makanan Super Pembentuk Otot"