Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Update, Kota Persebaran COVID-19 per 15 Maret di Indonesia


Siberkil.com - Kasus virus corona COVID-19 di Indonesia bertambah 27 orang pada Sabtu (14/3/2020), sehingga jumlah kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Indonesia menjadi 96 orang per Minggu (15/3/2020) pukul 08.00 WIB.
Kementerian Kesehatan (Kemenkes), mencatatkan wilayah persebaran COVID-19 hingga pagi ini tersebar di beberapa kota, yaitu: 
  1. Jakarta, Provinsi DKI Jakarta
  2. Tangerang, Banten
  3. Bandung, Jawa Barat
  4. Solo, Jawa Tengah
  5. Yogyakarta, DIY 
  6. Bali 
  7. Manado
  8. Pontianak 
  9. dan beberapa tempat lagi yang saat ini sedang dilakukan contact tracing.

Juru bicara pemerintah untuk coronavirus COVID-19, Achmad Yurianto mengungkapkan "Seluruh daerah bersinergi melakukan upaya pencegahan dengan melakukan pengawasan yang ketat, karenanya ditekankan bahwa pendekatan yang diterapkan adalah community based,".
Disampaikan oleh Achmad Yurianto, nantinya pemerintah akan meng-update data secara berkala di website yang terhubung dengan website BNPB dan website di daerah, sehingga bisa dipantau terus perkembangannya.
Sebagai bentuk upaya pencegahan penyebaran COVID-19, pemerintah membentuk Tim Gugus Percepatan Penanganan COVID-19 dengan Kepala BNPB sebagai ketua tim pelaksana.
"Ini agar terjadi sinergi yang kuat untuk mencegah penyebaran COVID-19 dengan melibatkan seluruh komponen bangsa bukan hanya pemerintah pusat maupun daerah, namun juga akademisi, peneliti, media, dunia usaha & masyarakat," imbuh Yurianto.
Percepatan penanganan COVID-19 dimaksudkan untuk mencegah penyebaran COVID-19 dengan menjaga yang sehat jangan sampai sakit. Kemenkes menyebut, strategi ini harus diawali dengan memutus penularan. Penyakit ini pasti menular dari yang sudah positif.
Karenanya harus dilakukan secara masive dan terintegrasi dengan melibatkan semua komponen untuk mencari, menemukan dan mengisolasi kasus positif. Setiap kasus positif dan dirawat akan ditindaklanjuti dengan contact tracing dan memastikan bahwa yang tertular bisa segera dilakukan isolasi agar tidak menjadi sumber penularan di masyarakat.
Penyakit ini berasal dari virus, yang pada dasarnya virus itu bersifat self-limiting disease sehingga bisa sembuh dengan sendirinya tentu dengan imunitas tubuh yang baik.
Karenanya sampai hari ini, disampaikan ada 8 orang yang dinyatakan sembuh dengan sudah tidak ada keluhan dan 2 kali pemeriksaan hasilnya negatif. Terkait 9 ABK Diamond Princess yang kemarin sakit dan dirawat di Jepang, juga sudah sembuh dan telah kembali ke tanah air. Ada beberapa pasien yang tidak bisa sembuh karena ada faktor komorbid (penyakit penyerta) yakni 5 orang meninggal dunia di Indonesia.



Post a Comment for "Update, Kota Persebaran COVID-19 per 15 Maret di Indonesia"

Berlangganan via Email