Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Wortel, Sayuran Segudang Manfaat


Siberkil.com - Wortel termasuk salah satu jenis sayuran yang paling digemari karena citarasanya yang manis dan teksturnya yang renyah. Tak hanya itu, wortel juga menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan. Jadi, beruntunglah Anda yang menyukai sayuran favorit kelinci yang satu ini.

Wortel yang memiliki nama Latin Daucus carota merupakan sayuran jenis umbi yang biasanya berwarna jingga. Bagian yang dapat dimakan dari wortel adalah bagian umbi atau akarnya. Wortel adalah tumbuhan biennial (siklus hidupnya 12 - 24 bulan) yang menyimpan karbohidrat dalam jumlah besar untuk tumbuhan tersebut berbunga pada tahun kedua. Konon, pada ratusan tahun sebelum Masehi, orang-orang Yunani dan Romawi mempublikasikan manfaat wortel bagi kesehatan untuk pertama kalinya.

Kandungan Zat Gizi Wortel beserta Manfaatnya Bagi Kesehatan
Kaya Beta Karoten
Tiap 100 gram wortel segar mengandung 16705 IU vitamin A yang mampu memasok 334% kebutuhan harian kita akan vitamin A. Kandungan vitamin A pada wortel tersedia dalam bentuk beta karoten yang kemudian diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Wortel merupakan sumber beta karoten terbaik di antara berbagai jenis sayuran. Beta karoten berguna untuk membantu meningkatkan kualitas kesehatan mata serta membantu meningkatkan sistem kekebalan, sistem pencernaan, saluran pernapasan, dan  membangun gigi, rambut, dan tulang yang kuat. Beta karoten juga mempunyai efek penyembuhan terhadap kulit dan diyakini mampu membantu menghaluskan kulit.
Kaya Vitamin C
Dalam 100 gram wortel segar, kandungan vitamin C-nya mencapai 5,9 mg (memenuhi 10% dari kebutuhan harian). Karena merupakan sumber antioksidan, yaitu dengan adanya kandungan vitamin C dan beta karoten, wortel merupakan makanan yang baik untuk melawan berbagai macam kanker dan penyakit lain serta memperkuat kekebalan tubuh.
Kaya Vitamin B6 
Tiap 100 gram wortel segar mengandung 0,1 mg vitamin B6 (7% kebutuhan harian), yang berperan dalam metabolisme asam amino dan asam lemak. Vitamin B6 juga berperan dalam produksi sel darah merah untuk meningkatkan kadar hemoglobin (Hb).
Kaya Vitamin K 
Vitamin K merupakan kebutuhan penting untuk sintesis protein dan dalam pembekuan darah. Vitamin K juga dibutuhkan untuk pembentukan tulang. Dalam 100 gram wortel mampu memberikan kita 13,2 mcg vitamin K yang memenuhi 16% kebutuhan harian vitamin K kita.
Wortel, Sayur Sayuran, Pasar, Pertanian
Kaya Berbagai Mineral Penting.
Wortel mengandung 320 mg kalium atau potassium (9% kebutuham harian) yang sangat penting untuk meningkatkan keteraturan denyut jantung, mengaktifkan kotraksi otot dan membantu mengontrol tekanan darah Dalam tiap 100 gram wortel juga mengandung 0,1 mg mangan (memenuhi 7% kebutuhan). Mangan berfungsi dalam metabolisme karbohidrat dan aktivitas enzim serta memelihara kesehatan sendi. Wortel juga sering digunakan untuk membantu masalah kewanitaan (seperti mengatur siklus haid dan memperbanyak air susu ibu) karena kandungan kalsiumnya. Tiap 100 gram wortel segar mengandung 33 mg kalsium atau memenuhi 3% kebutuhan kalsium harian kita.

Tinggi Serat
Kandungan serat dalam 100 gram wortel segar yaitu 2,8 gram atau memenuhi sekitar 11% dari kebutuhan harian kita akan serat, sehingga konsumsi wortel juga sangat baik untuk kesehatan sistem pencernaan kita serta membantu melindungi kita dari berbagai penyakit seperti penyakit jantung, hiperkolesterol dan lain-lain.

Agar kita bisa memperoleh manfaat wortel secara maksimal, maka berikut ini ada beberapa tips dalam memilih, menyimpan maupun mengolah wortel yang baik:
  • Memilih wortel = Pilih wortel yang masih muda dan segar yaitu yang teksturnya keras, halus, segar dan warnanya orange cerah. = Jangan memilih wortel yang sudah lunak, berkerut maupun “berkayu”.
  • Menyimpan wortel = Wortel segar dibungkus dalam plastik atau kertas sebelum disimpan di lemari es. Sebelum menyimpan, buang dulu batang daunnya (bila ada). = Jangan simpan wortel atau sayuran lain terlalu lama, karena makin segar makin bagus.
  • Mengolah wortel = Cucilah wortel dalam keadaan utuh menggunakan air mengalir = Kalau Anda gunakan wortel organik, sebelum diolah cukup dicuci dan disikat saja bagian luarnya. Sedangkan untuk wortel unorganik, lebih baik dikupas tipis dulu kulitnya = Jangan terlalu lama memasak wortel. Masukkan wortel setelah air mendidih, kemudian segera angkat.
Wortel, Wortel Salad, Sayur Sayuran, Vitamin, Jeruk
Mengkonsumsi sayuran segar yang kaya nutrisi seperti wortel adalah salah satu cara yang baik untuk senantiasa hidup sehat. Dan setelah mengetahui berbagai kandungan gizi wortel dan manfaatnya bagi kesehatan, maka marilah kita masukkan wortel dalam menu makan kita sehari-hari.

Post a Comment for "Wortel, Sayuran Segudang Manfaat"