Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Ponorogo, Lomba Seni Merambah Sekolah Menengah Atas


Photo by Shinta
Ponorogo, Siberkil.com – Festival Lomba Seni Siswa Nasional atau yang kerap disingkat menjadi FLS2N tengah menjadi salah satu ajang bergengsi dikalangan sekolahan. Belum lama ini Kabupaten Ponorogo pun tengah melaksanakan FLS2N SMA Se-Kabupaten Ponorogo yang memang digelar tiap tahun.

FLS2N yang tengah dilaksanakan ini selain memberikan pengalaman berkompetisi dikalangan siswa SMA, juga memiliki tujuan agar siswa memiliki kepekaan afektif, estetis, guna memperkuat rasa percaya diri melalui kesenian sebagai media ekspresi. Media seni merupakan wahana bagi anak muda untuk mencurahkan intuisi dan estetika, serta gagasan dan imajinasi estetis yang tetap menjunjung tinggi budi pekerti dan etika.

Penjelasan atas Undang Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 37, ayat (1), menyebutkan bahwa tujuan kajian seni dan budaya adalah membentuk karakter peserta didik menjadi manusia yang memiliki rasa seni dan pemahaman budaya.

Atas dasar hal tersebutlah maka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mewadahi bakat dan minat peserta didik dalam menghasilkan karya.

Di Kabupaten Ponorogo FLS2N diadakan di SMA N 2 Ponorogo selaku tuan rumah tahun ini. FLS2N memiliki beberapa cabang seni yang diperlombakan, yaitu tari kreasi berpasangan, film pendek, monolog, cipta puisi, baca puisi, solo vocal putra, solo vocal putri, solo gitar, desain poster putra, desain poster putri dan juga seni kriya. Juri-juri FLS2N tak hanya dari Ponorogo saja, namun ada dari luar kota yang memang bertujuan untuk mencari juri yang benar-benar mumpuni dan berpengalaman dalam dunia seni sesuai cabang seninya.

Dari perlombaan ini akan diambil juara pertama untuk mengikuti FLS2N ditingkat provinsi mewakili kabupaten nantinya. Dan  begitu seterusnya, juara pertama tingkat provinsi akan mewakili provinsi untuk mengikuti FLS2N tingkat nasional.

Photo by Icha
Berikut daftar nama sekolah pemenang pertama FLS2N se_Kabupaten Ponorogo dimasing-masing cabang seni, Tari diraih oleh SMA N 2 Ponorogo, Film Pendek diraih oleh SMA N 1 Babadan Ponorogo, Monolog diraih oleh SMA N 3 Ponorogo, Cipta Puisi diraih oleh SMA N 1 Ponorogo, Baca Puisi diraih oleh SMA N 2 Ponorogo, Solo Vocal Putra diraih oleh SMA N 2 Ponorogo, Solo Vocal Putri diraih oleh SMA N 1 Ponorogo, Solo Gitar diraih oleh SMA N 2 Ponorogo, Desain Poster Putra diraih oleh SMA N 1 Ponorogo, Desain Poster Putri diraih oleh SMA N 1 Pulung Ponorogo, Seni kriya Putra diraih oleh SMA N 1 Badegan Ponorogo, Seni kriya Putri diraih oleh SMA N 1 Pulung Ponorogo.

Para peraih juara pertama ini diharapkan untuk terus berlatih lagi guna mempersiapkan di ajang FLS2N ditingkat Provinsi nantinya. Dan Agenda ini diharapkan menjadi acara berkelanjutan, sehingga lahir penari, penyair, dan berbagai kreator, yang dapat menjawab tantangan global. Para finalis FLS2N 2019 akan menjadi kreator unggulan bangsa Indonesia yang dapat berkontribusi signifikan pada masa yang akan datang.

Post a Comment for "Ponorogo, Lomba Seni Merambah Sekolah Menengah Atas"

Berlangganan via Email