Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Fenomena Frozen Di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru


Malang, Siberkil.com - Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru belakangan ini tengah muncul fenomena unik. Fenomena unik tersebut berupa munculnya embun yang mirip dengan es di sekitar kawasan TNBTS yang biasa dikenal sebagai embun upas. Cuaca dingin yang ekstrem menjadi factor terjadinya fenomena tersebut. Bahkan, saat ini suhu disekitaran kawasan TNBTS nyaris mencapai 0° celcius. 
Fenomena mulai terdeteksi muncul dalam waktu sepekan terakhir. Hal itu seperti diungkapkan oleh Humas TNBTS, Sarif. Ia menjelaskan bahwa pihaknya mendapat laporan dalam lima hari terakhir ini telah muncul fenomena embun upas di kawasan TNBTS. 
"Beberapa lokasi memang sudah terjadi fenomena embun upas seperti di Ranu Pani, Cemoro Lawang, hingga kawasan Penanjakan," ungkap Sarif. 
Selama kurang lebih sepekan terakhir, dikawasan TNBTS suhunya memang mengalami perubahan yang signifikan. Saat ini suhu rata-rata berada di bawah 10° celcius. Bahkan di saat-saat tertentu suhu bisa nyaris mendekati 0°. Sehingga fenomena itu cukup berpengaruh terhadap lingkungan disekitar kawasan TNBTS. 
"Suhu siang hari di kawasan tersebut kisaran 10-12° Celsius. Tetapi kalau malam hari bisa mencapai 2-8° Celsius. Bahkan untuk kawasan Penanjakan pada malam hari bisa mencapai 0° Celsius," imbuhnya. 
Sarif juga menjelaskan bahwa fenomena tersebut memang kerap terjadi saat kemarau. Hal itu dikarenakan perubahan suhu yang menjadi lebih dingin saat kemarau dibandingkan saat musim penghujan. 
"Memang benar fenomena ini terjadi setiap musim kemarau," pungkas Sarif.
Tak cukup sampai disitu, fenomena tersebut diprediksi masih akan terus terjadi. Apalagi saat ini musim kemarau masih terus berjalan. Sehingga hal itu masih akan tetap mempengaruhi cuaca maupun suhu yang ada di sekitar kawasan TNBTS.
Kepada para pelancong diharapkan mempersiapkan diri baik perlengkapan pakaian hangat maupun obat-obatan pribadi jika ingin sekedar berkunjung ke Gunung Bromo atau bahkan melaakukan pendakian ke Gunung Semeru.

Post a Comment for "Fenomena Frozen Di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru"

Berlangganan via Email