Widget HTML Atas

Kesehatan, 6 Tips Menurunkan Berat Badan



Siberkil.com, Banyak orang saat ini mengalami overweight bahkan obesitas. Hal tersebut akibat kurang sehtanya pola hidup masyarakat saat ini. Oleh karena itu kini banyak orang mulai melakukan diet untuk menurunkan berat badannya, bahkan dengan cara ekstrim sekalipun dilakukan untuk mendapat berat badan yang diidamkan.Bahkan sebagian orang menganggap diet berarti tidak makan, dan berlapar-lapar mengesampingkan kesehatannya. Jika tujuannya adalah menurunkan berat badan, maka simak 6 tips sederhana menurunkan berat badan secara sehat dan seimbang berikut ini :
1. Minum air putih yang cukup
Sudahkah Anda cukup minum air putih? Selain sangat mendasar bagi tubuh, minum cukup air juga salah satu kunci penting menurunkan berat badan. Jika Anda kurang minum air, secara otomatis tubuh akan berusaha menyimpan air karena menganggap Anda sedang kekurangan konsumsi air. Metabolisme tubuh akan melambat dan akan menambah berat badan ekstra di tubuh. Jadi dengan cukup minum air, Anda tidak hanya membuang racun dari tubuh tetapi juga membuat tubuh tidak dalam mode menyimpan air. Minumlah 1,8 liter air atau setara 8 gelas air per hari. Anda bisa mencoba menambahkan irisan lemon pada air putih Anda untuk diminum sepanjang hari sehingga mencegah retensi cairan. Jika masih tidak percaya, baca pernyataan berikut: minum air adalah penahan nafsu makan alami! Sebagian orang nyaris tidak bisa membedakan apakah dia sedang haus atau lapar. 

2. Makan sup setiap hari
Semangkok sup mengandung nutrisi yang cukup seimbang untuk memenuhi keperluan gizi tubuh, selain cairannya juga membantu membuang racun tubuh. Orang yang makan semangkok sup setiap hari akan lebih mampu menurunkan dan menjaga berat badannya daripada mereka yang makan selain sup dengan jumlah kalori yang sama. Dan konsumsilah sup yang rendah garam, serta hindari sup kalengan yang tinggi garam dan zat kimia.

3. Makan malam lebih awal
Tubuh kita mengikuti ritme circadian. Artinya, makanan yang sama yang dimakan saat sarapan dan makan siang diproses tubuh secara berbeda dengan ketika dimakan saat makan malam. Beberapa penelitian menunjukkan ketika Anda makan protein, karbohidrat, dan lemak saat sarapan dan makan siang, Anda lebih mampu menurunkan dan menjaga berat badan serta lebih berenergi. Sementara ketika Anda makan protein, karbohidrat, dan lemak yang sama saat makan malam, berat badan Anda cenderung naik. Kami sarankan Anda makan malam maksimal pukul 7 malam.

4. Makan porsi sedang lebih sering
Sekali lagi jangan sebut ini sebagai diet, tetapi perubahan gaya hidup sehat permanen. Makanlah 3 kali sehari plus 2 atau 3 kali camilan secara periodik. Prinsipnya adalah untuk meningkatkan metabolisme tubuh atau kalimat mudahnya, tubuh berada dalam mode “menggiling” dan mencerna makanan, bukan mode “menyimpan” makanan. Makan dengan porsi sedang lebih sering akan menghindarkan kita merasa lapar dan makan terlalu banyak. Kita juga harus memilih camilan yang sehat seperti apel, pisang, alpukat, kacang kulit, susu kedelai, bubur kacang hijau, roti gandum utuh, atau sereal dan oatmeal.


5. Olahraga kardio untuk membakar lemak
Bersepeda, berenang, berlari atau jogging minimal 30 menit setiap pagi dalam kondisi perut kosong sangat efektif membakar lemak tubuh. Jika tak sempat di pagi hari, manfaatkan waktu sore Anda. Namun jangan lupa untuk langsung makan menu sehat sehabis olahraga kardio, jangan ditunda. Cobalah berjalan kaki saat istirahat jam kerja menuju tempat makan Anda. Pilih tangga biasa daripada lift atau elevator.

6. Cukupi nutrisi dengan seimbang
Jangan mengikuti diet yang ekstrim apalagi dengan mengurangi makan dan berlapar-lapar. Hal tersebut sangat bertentangan dengan metabolisme tubuh sehingga hasil penurunan berat badan tidak akan permanen dan berakibat yo-yo diet (berat badan kembali baik lebih tinggi). Kita adalah makhluk hidup yang membutuhkan nutrisi seimbang dari berbagai sumber makanan. Cukupi dengan protein, karbohidrat komplek, lemak sehat, makanan dari gandum utuh, buncis-buncisan, kacang-kacangan, buah-buahan dan sayur mayur lainnya. Pilihlah nasi beras merah daripada nasi beras putih. Hindari junk foods, makanan serta minuman manis seperti permen, biskuit, wafer, minuman bersoda. Sebisa mungkin pilih makanan alami daripada makanan yang sudah diproses apalagi digoreng.
Demikian tips dari Siberkil.com, semoga tips ini bermanfaat bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan dengan sehat dan bahagia.

No comments for "Kesehatan, 6 Tips Menurunkan Berat Badan"

Berlangganan via Email