Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Ponorogo, Masyarakat Keluhkan Pelayanan Pernikahan Di Kantor KUA



Ponorogo, Siberkil.com – Belakangan ini masyarakat keluhkan terkait pelayanan pernikahan di KUA yang dinilai lebih mengutamakan pelayanan pernikahan atau ijab qobul di luar kantor. Sedangkan masyarakat yang mendaftar untuk ijab qabul dikantor justru dikesampingkan oleh KUA alias harus menunggu antrian di luar kantor.

Namun, ketika keluhan masyarakat tersebut disampaikan ke instansi yang berwenang baik KUA ataupun Kemenag, hal tersebut tidak dibenarkan.

Seperti yang diungkapkan Kasi Bimas Islam Kemenag Ponorogo, Hayat Triono pada siberkil.com, “pelayanan ijab qobul di luar kantor yang diutamakan itu tidak benar. Persoalannya karena permintaan ijab qobul cukup banyak sedangkan jumlah petugas KUA terbatas, terlebih karena ada yang menjadi petugas haji. Akhirnya diambil jalan tengah, dimana warga yang mengajukan pelayanan ijab qobul dengan arah rumah searah maka di dahulukan agar tidak bolak-balik”.

Hayat Triono menambahkan dari 21 KUA yang tersebar di Ponorogo, hanya memiliki 30 orang penghulu saja. Hal tersebut membuat KUA perlu pengaturan secara signifikan, apalagi terdapat kantor KUA yang hanya memiliki satu penghulu.

Lebih lanjut diakui Hayat Triono, di bulan Dzulhijah banyak permintaan pelayanan ijab qobul, hingga membuat petugas KUA kewalahan.

Post a Comment for "Ponorogo, Masyarakat Keluhkan Pelayanan Pernikahan Di Kantor KUA"

Berlangganan via Email