Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Kokoh Nan Indah Watu Semaur Ponorogo



Ponorogo, Siberkil.com - Wisata Watu Semaur di Ponorogo merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Kota Ponorogo juga terkenal akan Wisata Watu Semaur di Ponorogo yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Apa itu Watu Semaur? Dari segi nama bisa diartikan, Watu (jawa) adalah batu, dan Semaur (jawa) artinya menjawab. Namun meski demikian Watu Semaur bukanlah batu yang bisa menjawab jika ditanya. Watu Semaur merupakan sebuah batu besar yang menjulang tinggi. Jika ada orang berteriak maka akan menggema sehingga seperti orang menjawab, mungkin karena itulah dinamakan Watu Semaur.

Watu Semaur ini tepat berada di Desa Selur, Kecamatan Ngrayun, Kabupaten Ponorogo. Batu besar yang menjulang ini berada di pinggir jalan alternatif menuju ke daerah Panggul Kabupaten Trenggalek. Tepatnya sekitar 35 KM kearah selatan dari pusat kota Ponorogo. Terletak diantara rindangnya hutan pinus dan di bawah batu tersebut terdapat sawah yang asri membuat orang yang lewat di bawahnya ingin beristirahat sejenak menikmati keagungan Tuhan tersebut. 

Di balik keindahan alam Watu Semaur menurut tim Ngrayun Discovery saat dihubungi Siberkil.com ada cerita rakyat tentang terjadinya Watu Semaur bermula. Mulai sebuah kepercayaan jika hutan (tempat Watu Semaur berada) sangatlah angker. Hingga menuju sebuah kepercayaan, jika ada pasangan pengantin sebelum lima hari setelah nikah tidak boleh lewat hutan tersebut tanpa ada yang menemani (batur manten-jw).

Pada suatu hari ada pasangan pengantin baru yang nekat lewat hutan tersebut hanya berdua. Pada saat lewat hutan tersebut pengantin pria tiba-tiba ingin buang air, kemudian pengantin pria menyuruh pengantin wanita untuk menunggu sebentar di tempat yang agak jauh. Pengantin wanita pun mencari tempat yang enak untuk menunggu suaminya yang sedang buang air. Setelah selesai buang air pengantin pria berniat mencari istrinya sambil memanggil-manggil nama istrinya. Panggilan sang suami selalu dijawab sang istri, namun ternyata istrinya tidak ditemukan. Setiap kali dipanggil selalu dijawab tapi wujud istrinya tidak ada.

Akhirnya sang suami kecapekan dan berhenti mencari, ditempat berhenti itulah sang suami berubah menjadi sebuah batu dan dinamakan Batu Kodok (terletak sebelum Watu Semaur). Sedangkan sang istri berubah menjadi Watu Semaur. Itulah secuil kisah tentang asal mula Watu Semaur.

Dibalik cerita itu semua Watu Semaur tetaplah sebagai anugerah Tuhan YME yang patut untuk kita jaga kelestariannya.

Saran dan tips sebelum menuju ke tempat wisata Watu Semaur di Ponorogo, anda perlu mempersiapkan keperluan yang akan butuhkan seperti membawa bekal, air minum dan lainnya. Serta beberapa barang tambahan seperti  kamera karena anda pasti ingin mengabadikan moment bersama kelurga ataupun teman – teman anda. 

Demikianlah sedikit ulasan mengenai Wisata Watu Semaur di Ponorogo yang dapat Siberkil.com informasikan. Semoga bisa menginspirasi anda semua untuk mencoba berwisata ke Watu Semaur di Ponorogo. 

Post a Comment for "Kokoh Nan Indah Watu Semaur Ponorogo"

Berlangganan via Email