Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Hiburan Digital Dapat Pengaruhi Depresi Remaja



Siberkil.com - Para peneliti di Centre Hospitalier Universitaire (CHU) Sainte-Justing, Quebec telah menerbitkan sebuah studi yang menyoroti hiburan digital dapat mempengaruhi depresi selama masa remaja seseorang. Hasilnya menunjukan bahwa media sosial dan televisi menjadi pendorong depresi pada remaja.

Informasi yang didapatkan siberkil.com dari laman Slash Gear, Rabu (17/7/2019), penelitian tersebut telah melibatkan 4.000 remaja di Kanada. Mereka juga mengungkapkan berapa jam waktu yang mereka habiskan untuk media sosial, menonton TV, bermain video game, dan menggunakan komputer. Selama studi empat tahun, para peneliti menemukan bahwa beberapa kegiatan digital ini dapat membuat gejala depresi lebih buruk pada remaja.

Media sosial dan menonton TV keduanya dikaitkan dengan gejala depresi yang lebih parah, termasuk merasa tidak berharga, memikirkan kematian, dan memiliki suasana hati yang rendah. Tampaknya peningkatan gejala-gejala ini mengikuti peningkatan waktu yang dihabiskan di media sosial dan menonton TV.

Menurut penelitian gejala media sosial dan menonton televisi lebih parah dari bermain video game dan menggunakan komputer.

Sebagai contoh, menonton atau menelusuri konten yang menyebabkan remaja membandingkan diri mereka dengan orang lain menghasilkan harga diri yang lebih rendah, memperkuat depresi pada remaja yang sudah menderita karenanya.

Ini mungkin menjelaskan mengapa menggunakan komputer dan bermain video game tidak memiliki dampak yang sama pada depresi. Tidak satu pun yang melibatkan aktivitas yang membuat remaja 'takut ketinggalan' atau perasaan tidak aman tentang diri sendiri dibandingkan dengan orang lain.

Hasil penelitian ini telah diterbitkan dalam jurnal JAMA Pediatrics.

Post a Comment for "Hiburan Digital Dapat Pengaruhi Depresi Remaja"